SEMUA TENTANG CANDLESTICK : SEJARAH, GRAFIK DAN POLA (BAGIAN 2)

Bayangan Panjang VS Pendek Candlestick

Bayang-bayang atas dan bawah pada candlestick dapat memberikan informasi berharga tentang sesi perdagangan. Bayangan atas mewakili sesi yang tinggi dan bayang-bayang bawah sesi rendah. Candlesticks dengan bayang-bayang pendek menunjukkan bahwa sebagian besar aksi perdagangan terbatas di dekat tempat terbuka dan dekat. Candlesticks dengan bayang-bayang panjang menunjukkan bahwa harga melonjak melewati tempat terbuka dan dekat.

Candlesticks dengan bayangan bagian atas yang panjang dan bayangan pendek lebih rendah mengindikasikan bahwa pembeli mendominasi selama sesi berlangsung, dan harga penawaran lebih tinggi. Namun, penjual kemudian memaksa harga turun dari level tertinggi, dan area yang lemah membuat bayangan atas yang panjang. Sebaliknya, candlesticks dengan bayangan jauh lebih rendah dan bayangan atas yang pendek mengindikasikan bahwa penjual mendominasi selama sesi berlangsung dan mendorong harga lebih rendah. Namun, pembeli kemudian muncul kembali untuk menawar harga lebih tinggi pada akhir sesi dan penutupan yang kuat menciptakan bayangan yang jauh lebih rendah.



Candlesticks dengan bayangan atas yang panjang, bayangan bawah yang panjang dan badan yang kecil disebut spinning top. Satu bayangan panjang mewakili pembalikan; Bagian atas berputar mewakili keragu-raguan. Tubuh kecil yang sebenarnya (apakah berongga atau penuh) menunjukkan gerakan kecil dari tempat terbuka ke dekat, dan bayang-bayang menunjukkan bahwa keduanya, baik bullish atau bearish aktif selama sesi berlangsung. Meskipun sesi dibuka dan ditutup dengan sedikit perubahan, harga bergerak secara signifikan lebih tinggi dan lebih rendah untuk sementara. Baik pembeli maupun penjual tidak bisa meraih keunggulan dan hasilnya adalah kebuntuan. Setelah advance yang panjang atau candlestick putih panjang, bagian atas yang berputar menunjukkan kelemahan di antara bullish dan potensi perubahan atau gangguan dalam tren. Setelah lama mengalami penurunan atau candlestick hitam panjang, bagian yang berputar menunjukkan kelemahan di antara bearish dan berpotensi berubah atau terganggu dalam tren.
Doji
Doji adalah candlesticks penting yang memberikan informasi tersendiri dan sebagai komponen dalam sejumlah pola penting. Doji terbentuk saat keamanan bagian terbuka dan tertutupnya hampir sama. Panjang bayangan atas dan bawah bisa bervariasi dan candlestick yang dihasilkan terlihat seperti salib, tanda silang terbalik atau tanda tambah. Pola doji sendiri  adalah pola netral. Bias bullish atau bearish apapun didasarkan pada aksi harga sebelumnya dan konfirmasi di masa depan. Kata "Doji" mengacu pada bentuk tunggal dan jamak.



Idealnya, tapi belum tentu, bagian yang terbuka dan  tertutup harusnya sama. Sementara doji dengan open dan close yang sama akan dianggap lebih kuat, lebih penting untuk menangkap esensi candlestick. Doji menyampaikan rasa ragu atau tarik tambang antara pembeli dan penjual. Harga bergerak di atas dan di bawah tingkat pembukaan selama sesi berlangsung, namun tutup yang dekat pada tingkat pembukaan. Hasilnya adalah kebuntuan. Baik bullish maupun bearish tidak mampu mengendalikan diri dan titik balik bisa berkembang.



Efek yang berbeda memiliki kriteria yang berbeda untuk menentukan ketahanan sebuah doji. Transaksi seharga $ 20 bisa membentuk doji dengan selisih 1/8 poin antara open dan close, sementara transaksi  $ 200 bisa terbentuk dengan selisih 1 1/4 poin. Menentukan ketahanan doji akan tergantung pada harga, volatilitas terkini, dan candlestick sebelumnya. Sehubungan dengan candlesticks sebelumnya, doji harus memiliki tubuh yang sangat kecil yang tampil sebagai garis tipis. Steven Nison mencatat bahwa sebuah doji yang terbentuk di antara candlestick lainnya, dengan badan-badan yang kecil tidak akan dianggap penting. Namun, doji yang terbentuk di antara candlestick dengan benda-benda panjang sebenarnya akan dianggap penting.
Doji dan Trend
Relevansi doji tergantung pada tren sebelumnya atau candlestick sebelumnya. Setelah maju, atau candlestick putih menjadi panjang, doji memberi sinyal bahwa tekanan beli mulai melemah. Setelah mengalami penurunan, atau candlestick hitam menjadi  panjang, doji memberi sinyal bahwa tekanan jual mulai berkurang. Doji menunjukkan bahwa kekuatan penawaran dan permintaan semakin berimbang dan perubahan tren mungkin akan mendekati. Doji saja tidak cukup untuk menandai pembalikan dan konfirmasi lebih lanjut mungkin diperlukan.



Setelah candlestick putih naik atau  memanjang, doji memberi sinyal bahwa tekanan beli mungkin akan berkurang dan tren naik bisa mendekati akhir. Tekanan dari pembeli diperlukan untuk mempertahankan uptrend. Oleh karena itu, doji mungkin lebih signifikan setelah uptrend atau candlestick putih panjang. Bahkan setelah bentuk doji, downside lebih lanjut diperlukan untuk konfirmasi bearish. Ini mungkin terjadi karena ada jurang bawah, candlestick hitam panjang, atau turun di bawah candlestick putih panjang yang terbuka. Setelah candlestick dan doji putih panjang, pedagang harus waspada terhadap bintang doji malam yang potensial.



Setelah penurunan atau candlestick hitam panjang, doji menunjukkan bahwa tekanan jual mungkin akan berkurang dan tren turun bisa mendekati akhir. Meskipun bearish mulai kehilangan kontrol penurunan, kekuatan lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi pembalikan apapun. Konfirmasi bullish bisa datang dari celah ke atas, candlestick putih panjang atau di atas candlestick hitam panjang yang terbuka. Setelah candlestick dan doji hitam panjang, para pedagang harus waspada terhadap bintang doji pagi yang potensial.
Doji berkaki panjang



Doji berkaki panjang memiliki bayangan bagian atas dan bawah yang panjangnya hampir sama panjangnya. Doji ini mencerminkan sejumlah besar keragu-raguan di pasar. Doji berkaki panjang menunjukkan bahwa harga diperdagangkan jauh di atas dan di bawah level pembukaan sesi, dengan kondisi close dan open berdekatan. Setelah banyak teriakan dan jeritan, hasil akhirnya menunjukkan sedikit perubahan dari awal pembukaan.
Doji  Dragon Fly dan Gravestone



Doji Dragon Fly
Bentuk doji dragon fly ketika terbuka, tinggi dan tutup sama, dan rendah menciptakan bayangan yang jauh lebih rendah. Candlestick yang dihasilkan terlihat seperti "T" dengan bayangan yang jauh lebih rendah dan tidak ada bayangan bagian atas. Doji dragon fly menunjukkan bahwa penjual mendominasi perdagangan dan mendorong harga lebih rendah selama sesi berlangsung. Pada akhir sesi, pembeli muncul kembali dan mendorong harga kembali ke tingkat pembukaan dan sesi tinggi.
Implikasi pembalikan dari doji dragon fly bergantung pada tindakan harga sebelumnya dan konfirmasi di masa depan. Bayangan yang jauh lebih rendah memberi bukti adanya tekanan beli, namun rendahnya permintaan menunjukkan bahwa banyak penjual masih kurang jelas.

Setelah tren turun yang panjang, candlestick hitam panjang, atau pada dukungannya, seekor doji dragon fly bisa menandakan potensi pembalikan bullish atau bottom. Setelah tren naik yang panjang, candlestick putih panjang atau pada resistance, bayangan bawah yang panjang bisa menandai kemungkinan pembalikan bearish atau top. Konfirmasi bearish atau bullish diperlukan untuk kedua situasi tersebut. (Yn)


Komentar

Postingan Populer